Rabu, 21 November 2012

PAMERAN GEROBAG KITAKITA

23 NOPEMBER 2012

Sebuah Pameran Projek dari Hysteria
"Gerobak KitaKita"

Opening: Jumat 23 November 2012
19.30 WIB - selesai
Widya Mitra Jl. Singosari II No.12 Semarang

Exhibition: 23 - 30 November 2012
Opening Performer :
koboy kota dan kawanan pembunuh bayaran (akustik)


Untuk ke sekian kalinya Kolektif Hysteria membuat pameran seni visual berbasis project yang dinamakan Gerobak Kitakita. Pameran seni berbasis art project ini sengaja dimaknai sebagai kegiatan berkarya yang tidak semata-mata menghasilkan karya dua dimensi saja namun lebih menitikbberatkan kesenian sebagai peristiwa mengalami, reproduksi, dan representasi praksis sosial.
Gerobak Kitakita bermula dari kegiatan rutin pemutaran film yang diselenggarakan Hysteria sejak tahun 2007 hingga pada tahun 2011 Hysteria mendapat kepercayaan dari Ruang Rupa, Jakarta untuk mengoperasikan sebuah program yang bernama Gerobak Bioskop. Ide dasar yang ditawarkan adalah distribusi pengetahuan melalui film-film bermutu seluas-luasnya. Dipicu oleh massifnya tontonan di televisi yang tidak cerdas sementara film-film cerdas ini tersimpan dalam koleksi pribadi dan tidak dibagi, Hysteria disokong Ruang Rupa mulai secara teratur gerilya ke beberapa wilayah untuk mengadakan acara nonton bareng.
Memori masyarakat mengenai menonton ramai-ramai di era layar tancap membuat metode ini cukup efektif. Pengalaman menonton bersama dan didukung ribuan film yang Hysteria kumpulkan membuat program ini diminati di kampung atau komunitas tertentu.
Berjalin kelindan dengan pemutaran film rutin, barter atau tukar menukar koleksi film semakin sering terjadi sehingga lambat laun membuat Hysteria menjadi salah satu bank film yang cukup bagus. Masyarakat bisa dan boleh mengakses film-film koleksi Hysteria yang konon banyak diantaranya langka dan sebaliknya Hysteria sangat terbuka dengan sumbangan film-film bagus koleksi teman-teman yang lain.
Kegiatan kemudian berkembang saat Kolektif Hysteria sebagai sayap komunitas lembaga Hysteria iseng-iseng membuat proyek video art atau proyek dokumentasi. Dimulai dari kepercayaan pihak panitia Biennale Jogjakarta XI yang mempercayakan Hysteria untuk membuat sebuah art project bersama masyarakat Gunung Kidul.
Tidak terasa setahun sudah program ini berjalan dengan kawalan Purna Cipta Nugraha sebagai project officer, kini saatnya pihak Hysteria memamerkan project mereka bersama Ruang Rupa tentang Gerobak Bioskop. Apakah signifikansi dari project ini dan sejauh apa ia berkontribusi terhadap iklim kreatif di kota Semarang ini. Mari kita lihat. (Adin)

Link : http://buletinhysteria.blogspot.com/2012/11/pameran-gerobak-kitakita.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar