Minggu, 12 April 2015

KOSASIH DAY 2015 SEMARANG

5 APRIL 2015

KOSASIH DAY 2015 SEMARANG


Untuk mengenang RA Kosasih, Bapak Komik Indonesia, ORArT ORET mengajak teman-teman untuk bikin doodle dan strip comic jamming bareng!

Minggu, 5 April 2015 | 15:00 - 18:00 WIB
Di ORArT ORET Art Space
Jl. Kelud Raya No. 10 Sampangan - Semarang
(samping Iga Bakar Tandhok)

---------------

Siapakah RA KOSASIH ?
Adalah seorang penulis dan penggambar komik termasyhur dari Indonesia. Generasi komik masa kini menganggapnya sebagai Bapak Komik Indonesia. Karya-karyanya terutama berhubungan dengan kesusastraan Hindu (Ramayana dan Mahabharata) dan sastra tradisional Indonesia, terutama dari sastra Jawa dan Sunda. Selain itu beliau juga menggambar beberapa komik silat yang memiliki pengaruh Tionghoa, namun tidak terlalu banyak. Kosasih mulai menggambar pada tahun 1953. Karyanya terutama adalah gambar sketsa-sketsa hitam-putih tanpa memakai warna. Ia mulai berhenti dan pensiun pada tahun 1993.
Karya RA Kosasih, pada tahun 1950-an, meski bukan yang pertama menerbitkan dalam bentuk buku, namun telah memulai industri buku komik di Indonesia, selain itu beliaulah satu-satunya komikus yang menyelesaikan kisah Ramayan dan Mahabarata dengan penafsirannya sendiri, sehingga menjadi salah satu aliran dalam pewayangan di Nusantara. Komik wayang karya RA Kosasih terbit dalam Bahasa Indonesia baku, sehingga kisah wayang yang biasa dituturkan dalam pementasan berbahasa daerah, telah menjadi populer dan nasional melalui karya beliau. Dengan demikian, kita layak mengapresiasi lebih jauh kepada jasa-jasa beliau, bukan hanya gelar dari masyarakat sebagai Bapak Komik Indonesia, namun juga memperingati kelahirannya sebagai hari aktivitas komik di Indonesia, kita telah memulainya di tahun 2014, dan kini #KosasihDay2015 kembali dirayakan di 6 kota secara serentak.


Link : https://www.facebook.com/events/1436975676599875/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar