Minggu, 12 April 2015

KOLING | Kodály Keliling : Konser Mini & Bedah Karya Zoltan Kodály 'Sonata for Solo Cello Opus 8'

10 APRIL 2015

KOLING | Kodály Keliling

Konser Mini & Bedah Karya Zoltan Kodály 'Sonata for Solo Cello Opus 8'

ORArT ORET ArtSpace 10 April 2015 | 18:00-20:00 WIB

Kodály Keliling, atau oleh Alfian Emir Adytia, penggagas sekaligus cellist dalam program ini disingkat menjadi KOLING, ditujukan tidak hanya untuk wilayah akademi musik tapi juga untuk ranah umum.
Jika di lingkungan formal akademi musik, bisa dimanfaatkan untuk kesempatan bertukar informasi, gagasan dan pengetahuan seputar instrumen cello, study score, sejarah dan lain-lain yang bersangkutan dengan pendidikan.
Jika di ranah umum, bisa dimanfaatkan untuk apresiasi
masyarakat, wawasan tentang musik historis dan momen untuk menikmati suara cello dengan
gamblang.

Meski target program ini adalah institusi-institusi musik, sekolah maupun komunitas musik, namun tidak menutup kemungkinan bagi KOLING untuk menjamah pedesaan sampai pedalaman untuk share pengalaman mendengar sekaligus promosi instrumen cello ini.

"Musik adalah milik semua orang", kata Kodály sang komponis yang sangat menghargai nilai-nilai spirit kerakyatan. Musik adalah alat komunikasi yang "terus terang", tanpa perlu belajar formal tentang ilmu bahasa atau sejenisnya. Memasang telinga lalu menikmatinya sudah cukup untuk membuat satu orang pengertian akan orang lain.
Zoltan Kodály adalah seorang komposer, ilmuwan, pengajar, filsuf, politisi dan linguist berkebangsaan Hungaria pada awal abad ke-20. Nama Kodály sangat terkenal di bidang musik pendidikan. Dia adalah penemu Kodály Method, sebuah metode musik pendidikan yang menjadi perdebatan hebat pada waktu itu. Metode ini adalah bentuk protes terhadap sistem pendidikan musik di Hungaria yang tidak efektif pada waktu itu. Kini, metode ini menjadi salah satu metode
yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Selama berabad-abad, musik klasik menjadi simbol prestis dan hanya milik kaum atas di Eropa. Kodály bersama beberapa teman komposer lainnya memperjuangkan bahwa musik seharusnya bisa dinikmati oleh siapapun. Dengan ini, musik rakyat/folklore menjadi fondasi dasar Kodály dalam berkarya. Singkatnya, Kodály membuat musik klasik yang dibalut dengan spirit rakyat, bukan menjadikannya template.

PROFIL ALFIAN EMIR ADYTIA :

Lahir di Ngawi, Jawa Timur pada Juni 1992. Mengawali pembelajaran musik dengan instrumen gitar pada usia 9 tahun. Gitar dan menyanyi menjadi modal yang membawa Alfian mengenal instrumen cello pada usia 13 tahun.
Belajar cello dan musik di bawah bimbingan Yoesbar Djaelani, Alfian mendapat didikan disiplin yang ketat yang pelan-pelan membuahkan prestasi yang cukup mengharumkan namanya dan nama negeri ini di panggung pemuda di Asia.
Antara lain lolosnya audisi orkestra Malaysia National Youth Symphony Orchestra (2005-08), Southeast Asian Youth Orchestra and Wind Ensemble di Bangkok (2010), Asean-Russia Symphony Orchestra of Young Musicians di Bali (2011), Southeast Asian Youth Chamber Orchestra di Bangkok, Yangon dan Hanoi (2012-13) dan mewakili Indonesia serta memenangi The Best Performance
Prize di ajang Zhangjia Jie International Country Music Week Festival di China (2013).

Pada tahun 2014, Alfian melakukan debut sebagai soloist membawa karya Elgar Cello Concerto dengan konduktor berkebangsaan Jepang, Kanako Abe.
Kini pada tahun 2015, Alfian menyiapkan program KOLING (Kodály Keliling) yang kusus untuk mampir di kota-kota pulau Jawa dengan membawakan karya cello tunggal, Sonata for Solo Cello Op.8.

CATATAN :
Dimohon tidak datang terlambat karena format acaranya adalah sebagai berikut :
- 18:00 - 18:30 WIB : Konser mini, memainkan Sonata fo Solo Cello Opus 8
- 18:30 - 20:00 WIB : Bedah karya, dengan narasumber Alfian Emir Adytia

Bedah karya akan dimoderatori oleh Donny Danardono, seorang pecinta musik klasik dari FHK dan PMLP Unika Soegijapranata Semarang.

ORArT ORET ArtSpace Jl. Kelud Raya No. 10 Sampangan - Semarang (samping Tandhok Ribs & Coffee)

GRATIS & MEMBUMI!

Didukung oleh :
ORArT ORET ArtSpace
Tandhok Ribs & Coffee


Link : https://www.facebook.com/events/804670622949026/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar