Selasa, 31 Desember 2013

PAMERAN PUSAKA NEGERI

6-12 JANUARI 2014

PAMERAN 'PUSAKA NEGERI'

Pameran Wayang dan Tosan Aji

Di Klub Merby, Jl. Mataram 653 Semarang
08:00 - 16:00 WIB

DASAR
Sejak lama telah tercatat dalam buku sejarah Indonesia tentang keberadaan wayang dan keris sebagai peninggalan luhur bangsa Indonesia. Sejarah pula yang mendasari wayang dan keris hingga diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.
Wayang mencapai tahap dikenal secara luas sewaktu di jaman Sunan Kalijogo yang digunakan dalam menyiarkan agama islam untuk penduduk pada jaman itu. Sementara itu keris juga mencapai satu tahap dikenal secara luas sejak jaman Mataram Hindu sekitar abad 8 M atau di jaman Majapahit dengan keberadaan keris Mpu Gandring yang sangat terkenal tersebut.

TUJUAN
Maka tentu saja untuk lebih memberi pengetahuan tentang keris dan wayang kepada generasi muda di era modern sekarang ini banyak cara yang bisa di tempuh. Salah satunya adalah dengan mengadakan pameran.
Pameran ini di maksudkan agar minimnya informasi tentang pengetahuan wayang dan keris sedikit bisa teratasi. Pameran ini tidak hanya di lakukan untuk sekedar mengumpulkan orang dengan hoby yang sama melainkan juga memberikan informasi-informasi penting seputar wayang dan keris, bahwa wayang dan keris tidak saja hanya berbau klenik atau wingit. Lebih dari itu bahwa wayang dan keris adalah tentang sebuah karya seni adiluhung turun temurun yang harus terus dilestarikan agar keberadaannya tidak hilang sesuai bertambahnya jaman.

KEGIATAN
Pameran wayang dan keris ini mengambil tema “PUSAKA NEGERI”. Bertempat di Klub Merby Jl. Mataram 653 Semarang. Pameran akan berlangsung mulai tanggal 6-12 Januari 2014. Setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

ACARA dan ISI
Pameran wayang dan keris bertema “PUSAKA NEGERI” ini akan menggelar berbagai obyek tentang wayang dan keris. Antara lain sebagai berikut :
• Display Wayang
Dengan berbagai bahan yaitu bahan kulit, plastik fiber, texon, wayang Potehi, Wayang Batik, Wayang Golek, Wayang Ukur, Lukis Wayang kanvas
• Video Wayang
Video satu jam pertunjukan wayang ‘Dewa Ruci’ oleh dalang Ki Manteb Soedarsono dan video satu jam pertunjukan wayang Potehi dari Jombang dengan lakon ‘Sun Go Kong’.
• Museum mini
Yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan alat dan bahan pembuatan wayang seperti beragam alat tatah, bahan kulit mentah, gapit yang masih polos, beragam cat dll
• Workshop dan Pengenalan
Pelatihan pembuatan wayang sederhana untuk siswa SD sekaligus pengenalan beberapa tokoh wayang
• Display Keris
Akan ditampilkan secara sederhana keris dengan seluk beluknya, tentang sejarahnya, keindahan seninya hingga tata cara merawatnya.

Sobokartti | Klub Merby | Puri Wiji | Lyra


Link : https://www.facebook.com/events/650565571672715/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar