Jumat, 10 Mei 2013

THE iPET SHOW 90

13 MEI 2013

THE iPET SHOW 90


Pertunjukan Panggung Boneka sPETakuler Pertama di Unika Soegijapranata Semarang: "The iPET Show 90"!

-----------------------------------------------------------------

Inovasi merupakan sifat dasar manusia untuk berubah menjadi lebih baik. Dalam perjalanan republik, kata inovasi sering tidak mendapat posisi selayaknya. Perdebatan tak kunjung usai antara menerima budaya lain dengan pertahanan kearifan lokal, seakan membentang kacamata kuda tak terhingga bagi pelaku hidup Indonesia sehari-hari. Inovasi sering dikondisikan terlalu sempit; segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi tinggi pasti berima dengan kata yang berakar dari bahasa Latin tersebut.

Sementara bangsa kita lebih memandang diri sebagai bangsa non-teknologi, sering inferior, hanya bisa menjadi petani, dan berlindung dibalik istilah "orang kecil". Nrimo dengan keadaan yang sudah cukup tanpa perlu memaksa dirinya untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Posisi Indonesia di dalam indeks inovasi global tahun 2012 -yang menilai kemampuan sumber daya manusia serta riset dan pengembangan dari sebuah negara- berada pada urutan ke-100. Bandingkan dengan negara jiran Singapura yang menempati posisi ke-3, lalu posisi ke-32 dipegang Malaysia dan posisi ke-57 dikunci oleh Thailand (Kompas, 6 Maret 2013). Menelaah kata innovare yang berarti menuju keadaan baru (novare; novus) maka sudah saatnya energi masyarakat Indonesia diarahkan kepada sesuatu yang lebih positif, menganggap bahwa kebaruan itu perlu demi masa depan anak cucu. Melalui konsep bercerita (storytelling), konsep inovasi bisa dibagikan dan ditanamkan ke target audiens secara lebih menarik, menyenangkan serta memberi ruang lebih untuk berdiskursus.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata Semarang akan mengadakan pagelaran Pertunjukan Panggung Boneka sPETakuler Pertama berjudul "iPET Show 90" atau "Innovation Puppet Show berdurasi 90 menitan". Acara tersebut akan menampilkan 9 (sembilan) cerita berbeda mengenai inovasi dengan durasi total sekitar 90 menit.

Acara terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya masuk. Pertunjukan akan diadakan pada hari Senin, 13 Mei 2013, mulai pukul 10:00-12:00 bertempat di Ruang Teater Gedung Thomas Aquinas lt.3, Unika Soegijapranata Semarang, Jl. Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Dhuwur, Semarang 50234.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Andrey (085-727-423-944) atau Tjio (081-914-588-557)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar